Cloud Computing? Karakteristik?

December 04, 2014

Karakteristik Cloud Computing
Karakteristik Cloud Computing

Hai teman,, kali ini ceritanya agak-agak formal yah..
Kalo kalian sudah tau apa itu cloud computing, sekarang gimana sih nentuin sebuah system bisa atau tidak disebut sebagai cloud computing?
Cloud Computing berperan dalam layanan komunikasi antar komputer yang dikombinasikan dengan internet berbasis server virtual. Definisi lain menurut buku "A View of Cloud Computing", cloud computing mengacu pada kedua aplikasi yang disampaikan sebagai layanan melalui internet, perangkat keras dan perangkat lunak sistem di pusat-pusat data yang menyediakan layanan tersebut. Cloud computing mempermudah kita sebagai pengguna untuk saling berbagi sumber daya atau resource berupa hardware dan software. Nah dengan berbagi resource ini kita bisa meningkatkan performa pada perangkat yang kita gunakan. Mobilitas juga bisa dijamin, karena kita bisa menggunakan software kita dari mana aja selama ada koneksi internet.

Ada lima karakteristik cloud computing menurut NIST (National Institute of Standards and Technology), yaitu :
  • On-demand self-service.
Maksudnya adalah pengguna bisa dengan bebas mengkonfigurasi cloud miliknya sendiri tanpa harus interaksi dengan penyedia cloud. Penyedia cloud harus menyediakan servis mandiri seperti ini.

  • Broad network access.
Maksudnya adalah setiap pengguna bisa mengakses cloud dari berbagai macam perangkat yang memiliki koneksi intenet seperti ponsel, tablet, laptop dsb.

  • Resource pooling.
Berbagai macam resource dikumpulkan untuk diberikan sebagai service menggunakan model multi-tenant, resource secara fisik disediakan dan dialokasikan kepada pengguna dalam bentuk virtua machine.

  • Raped elasticity.
 Layanan resource yang disediakan bisa digunakan oleh konsumen secara dinamis sesuai kebutuhan pengguna. Dinamis yang dimaksud disini mulai dari jumlah hingga ukuran. Jadi dari resource yang disediakan pengguna bisa membuat satu mesin virtual bila dibutuhkan komputasi yang besar, dan juga bisa dibuat banyak mesin virtual bila jumlah yang banyak dibutuhkan.

  • Measure service.
Layanan untuk mengoptimasi dan memonitor layanan yang digunakan juga harus ada. sehingga pengguna bisa melihat berapa resource yang sudah digunakan, dan seberapa besar resource yang masih tersedia.


Nah cukup dulu cerita tentang karakteristik cloud computingnya, postingan lain tentang cloud computing bisa klik "Cloud Computing? Apa Itu?"

You Might Also Like

0 comments