Nostalgia main game PS1 di PC dengan ePSXe

July 20, 2017

Mampir minum segar dulu, yang lagi ngehits koka cheese tea di loffle Semarang.

Kalian yang lahir tahun 90an atau akhir 80an pasti dulu sering main video games yang terkenal banget saat kalian kecil. Sony Play Station 1 atau sering pada nyebutnya PS1 sangat booming waktu itu. saya main game console PS1 sejak masih kelas 3 SD. Meski sering kena marah karena uang habis buat rental PS, namun gak kapok-kapok juga main PS1 sampai berjam-jam.
Sekarang jaman telah berubah, game console sekarang sudah makin canggih. Kualitas Video udah semakin nyata. Meskipun begitu banyak yang bilang bahwa game-game PS1 tetap terbaik. Karakter yang kuat, game story yang bagus, hingga kenangan bermain PS1 menjadikan hati ini selalu ingin bernostalgia.
sony play station ps1
Sony Playstation - PS1
Dulu saya pertama main game PS1 itu main game-game batle arena seperti one piece, dragon ball, digimon, bloody roar 1 dan bloody roar 2. Setelah itu mulai kenal game-game adventure seperti crash bandicoot, metal slug dsb. Kadang juga main game-game balap seperti nascar rumble, crush team racing (CTR). Ada satu game yang paling terkenal dan dimainkan semua orang "Kecuali saya" yaitu Harvest Moon. Entah kenapa saya males banget kalo main game satu ini. Game-game lain yang bersumber dari anime juga saya mainkan seperti Lets n Go, Crush Gear, BeyBlade, dan Yugi-Oh.

Emulator PS1 di PC

ePSXe windows
ePSXe - Windows
Belakangan saya pengin nostalgia, memainkan kembali game-game tersebut yang dulu terutama yang belum saya tamatkan. Saya mencari emulator PS1 untuk diinstall di PC. Kemudian saya menemukan emulator PS1 yang beranama ePSXe yang compatible dengan Windows 7. Silahkan berkunjung ke website resmi ePSXe. Kamu bisa download gratis dan legal di website resmi ePSXe tersebut. Namun untuk BIOS PS1 kamu harus memilikinya secara legal. Biasanya saat pertama kali membuka ePSXe kamu diminta memasukan BIOS, namun jika kamu belum memilikinya ePSXe sudah menyediakannya meskipun begitu, ada pernyataan dari ePSXe bahwa anda boleh memilikinya, namun legalitas anda memilikinya hanya jika anda pemilik Sony Playstation 1.
Untuk konfigurasi, saya menggunakan default bawaan dari sononya. Kalo kalian mau kualitas grafis atau sound lebih bagus bisa kalian konfig sendiri. Namun sebagus-bagusnya kualitas game PS1 ya batasannya segitu-segitu aja. Untuk controller jika kamu belum punya game controller usb, bisa menggunakan keyboard. Atau jika yang masih punya controller PS1 atau PS2 jaman dulu, tinggal beli converter port USB aja.
Converter colokan controller PS ke USB
Converter colokan controller PS ke USB

CD Games PS1

Dulu kita sering membeli CD games yang ingin kita mainkan. Jika saat ini kamu masih menyimpannya, maka kamu bisa menggunakannya dengan memasukan ke DVD drive yang ada pada PC. Kamu juga bisa mengconvert menjadi ISO, supaya lebih praktis. ISO image game PS1 juga banyak dijumpai di website-website game. Namun mendowloadnya merupakan pelanggaran hak cipta.

Penutup

Saya bangga menjadi anak 90an, dulu saya kenyang bermain berbagai macam hal bersama teman. Termasuk iuran patungan untuk bermain PS. Yang kalah gantian, dan sering kalah pun tidak lantas membenci pemenang. Yang sering menang pun pengertian, tetap mengalah untuk gantian sama teman yang kalah mulu. Dulu meski udah ada video games, anak-anak tetap bisa membagi waktu untuk main game, main sama teman, sekolah, ngaji, dsb. Karena peran aktif orang tua yang membatasi anak-anak dalam bermain. Termasuk dimarahin kalo terus-terusan main PS1. Terimakasih emaak. Dulu saya merasa sedih kalo dimarahin main PS1 terus. Ternyata emak begitu karena emak sayang sama saya.

You Might Also Like

2 comments

  1. katanya meski punya ps1 tetap illegal buat download bios.
    kalau mau legal harus back up sendiri.
    apakah benar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang tidak ada official download nya. jadi kita download pun dari epsxe yang upload. Soal legalitas itu saya tetap mengikuti statement dari epsxe nya bahwa anda legal memilikinya jika anda punya fisik PS1 nya.

      Delete