Pengertian Jaringan Komputer

July 04, 2017

ilustrasi jaringan komputer
Ilustrasi jaringan komputer [source from google images]
Deskripsi dari jaringan komputer adalah sekumpulan (dua atau lebih) perangkat komputer yang terhubung secara fisik dan logic yang saling berkomunikasi untuk berbagi informasi serta berbagi pakai sumber daya atau resource.
Dari deskripsi tersebut saya bisa menjelaskan lebih detail lagi tentang jaringan komputer. Ada beberapa hal yang harus terpenuhi sebagai syarat jaringan komputer :

Sekumpulan Perangkat Komputer

Jaringan komputer haruslah lebih dari satu komputer, komputer di sini juga bermakna luas tidak terbatas pada personal computer (PC) saja. perangkat yang memiliki kemampuan komputasi juga bisa diartikan komputer di sini. Beberapa perangkat yang biasanya terhubung dengan jaringan komputer antara lain smart phone, kamera, tablet PC.

Terhubung secara fisik dan logic

IP Address / Alamat IP [source from google images]
Terhubung secara fisik diartikan bahwa perangkat benar-benar terhubung menggunakan kabel maupun nirkabel. Kamu bisa melihatnya secara langsung pada network interface card (NIC) komputer terhubung dengan NIC komputer lain. Apabila perangkat menggunakan wireless maka kamu bisa melihat di network connections.
Terhubung secara logic diartikan bahwa perangkat dalam jaringan komputer mampu mengenali perangkat lain. memiliki alamat masing-masing dan mampu mengenali alamat perangkat lain. Dalam jaringan komputer, alamat sebuah perangkat komputer diistilahkan dengan alamat IP atau IP Address.

Saling Berkomunikasi

Setelah beberapa perangkat komputer terhubung secara fisik dan logic, perangkat-perangkat tersebut mampu berkomunikas satu sama lain. Untuk menguji koneksi biasanya digunakan perintah ping dari salah satu perangkat komputer ke perangkat lainnya dengan mengisikan IP Address perangkat komputer tujuan.

Berbagi Informasi dan Resource

Hal ini merupakan tujuan dari jaringan komputer. Dengan terhubung ke jaringan, komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya seperti mengirimkan file, selain itu juga dapat berbagi resource seperti berbagi pakai printer, remote control dan sebagainya.

Demikianlah deskripsi dari jaringan komputer. Untuk pembahasan lebih mendalam akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

You Might Also Like

1 comments

  1. Pragmatic Play set to release two new games for
    Pragmatic Play has announced the release of two 울산광역 출장마사지 new games for 의정부 출장마사지 its popular slot game 속초 출장안마 called The 군포 출장마사지 Seventh Table, which is 이천 출장마사지 set to hit

    ReplyDelete