Install High Availability Web Server Ubuntu 12.04 LTS #3 Final

August 29, 2014

High Availability Web Server
High Availability Web Server

Sudah selesai membaca
Install High Availability Web Server Ubuntu 12.04 LTS #1 dan Install High Availability Web Server Ubuntu 12.04 LTS #2 ?? Kalo sudah yuk kita lanjutin ke bagian terahir.

Di sini ikan akan menginstall webservernya, namun sebelumnya perlu kamu konfigurasi dulu ip addressnya hampir sama dengan di HAP1 dan HAP2. Jangan lupa kalo web server ini cuma ada satu interface, jadi cukup konfigurasi eth0 aja dengan IP seperti layout yang ada di post bagian pertama.

Kalo sudah konfigurasi IP, lanjut ke install nginx dengan perintah :

# apt-get install nginx

setelah selesai install maka selesai sudah High Availability web server yang kita bangun, untuk mengetest apakah web server yang kita buat sudah berjalan, maka kita perlu mengedit halaman default nginx. kamu bisa buka file /usr/share/nginx/www/index.html. Editlah dengan berbeda-beda dari masing-masing web server supaya kita bisa tahu request kita diarahkan ke server web yang mana.

Untuk membuka halaman yang sudah kita edit, kita bisa menuliskan di address bar browser kita alamat 172.25.87.180 maka kita akan memanggil web server yang telah kita bangun.

Untuk melihat status dari cluster kita, kita bisa memanggil alamat berikut 172.25.87.180/haproxy?stats, nanti kamu akan diminta username dan pasword yang kamu isikan saat mengkonfigurasi haproxy di post bagian ke dua.
Berikut screenshot dari status cluster kita :
Dashboard High Availibilty Web Server
Web Monitoring (source)
Nah bisa kita lihat ada web1, web2, dan web3 yang berwarna hijau(berarti up). Demikian tutorial membangun cluster web server dengan menggunakan HAProxy, namun ini baru web servernya saja, kita masih membutuhkan storage server, database server, dan sebagainya agar server ini bisa kita gunakan.


Source from this site.

You Might Also Like

0 comments