Minimum Install OpenStack

March 26, 2016


minimum install openstack
OpenStack merupakan salah satu platform cloud computing dalam skala infrastruktur as a service dan menyediakan service yang kompleks. Dalam belajar setup OpenStack tidak harus semua service kita install. Namun hanya beberapa service utama saja. Hal ini akan lebih baik bagi kita dalam memahami cara kerja dan maksud dari konfigurasi masing-masing service OpenStack. Terlebih lagi dalam membangun sebuah private cloud dibutuhkan banyak hardware. Setup OpenStack seminimal mungkin juga bertujuan untuk memungkinkan ketersediaan hardware yang kita butuhkan.

Sebagai permulaan, layanan yang kita install antara lain :
  1. Keystone sebagai Identitiy service.
  2. Glance sebagai Image service.
  3. Nova sebagai Compute service.
  4. Neutron sebagai networking service.
  5. Horizon sebagai Dashboard.
Penjelasan tentang layanan tersebut bisa dibaca di artikel Tentang OpenStack.

Selanjutnya dalam menentukan kebutuhan hardware, kita perlu membuat desain infrastruktur jaringan komputer. Berikut desain infrastruktur jaringan komputer yang kita gunakan :
Openstack Minimum Network Architecture
Minimum Network Architecture

Pada arsitektur jaringan tersebut bisa kita lihat bahwa kita membutuhkan 3 PC dan 1 buah switch. Untuk spesifikasi PC dibutuhkan setidaknya masing-masing :
  • Controller : CPU 1-2, RAM 1 GB, HDD 100 GB, NIC 1.
  • Compute   : CPU 2-4+, RAM 4+ GB, HDD 100+GB, NIC 1.
  • Network   : CPU 1-2, RAM 1 GB, HDD 50 GB, NIC 1.
Spesifikasi diatas merupakan perkiraan berdasarkan pengalaman. Pada dasarnya masih bisa lebih kecil lagi namun akan terjadi kesulitan saat menjalankan VM. Jika kamu hanya akan menjalankan VM dengan image CirrOS, kamu bisa menggunakan komputer dengan spesifikasi setengah dari yang saya tulis.

Demikian artikel tentang minimum install OpenStack. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 comments