Smartphone Dukung Skripsi Jadi Mobile dan Efektif

August 30, 2015

Samsung Galaxy Note 5
Samsung Galaxy Note 5
Hai sob, hari ini saya mau cerita aja tentang aktifitas ngoprek saya yang gak ada libur-liburnya. Di sela-sela jam kuliah ngoprek, di hari libur kuliah pun ngoprek juga. Oh ya sebelumnya sudah tau belum maksudnya ngoprek itu apa?
Ngoprek itu berarti kita mempelajari atau tepatnya mengeksplore sesuatu yang baru yang belum pernah kita pelajari sebelumnya, kalaupun sudah kita meningkatkan ke level yang lebih tinggi lagi. Wah ada levelnya juga yah? Ya maksudnya biar berasa sebuah game dalam kehidupan nyata. Ya kalo bahasa yang lebih halus sih mungkin kayak kata-kata riset mungkin.


Sebagai "mahasiswa tua" aka semester akhir saya juga harus mengerjakan yang namanya skripsi. Supaya lebih efisien skripsi saya buat berdasarkan ngoprek yang saya lakukan di bidang Cloud Computing. Kalian yang pernah atau saat ini jadi mahasiswa pasti tau bahwa skripsi itu berupa rencana dan laporan sebuah riset. Jadi ngopreknya itu riset untuk skripsi saya.

Sebagai opreker distributed system sudah pasti saya harus memiliki server lokal dan ini berada di kampus (karena memang sebenarnya milik kampus), lalu supaya bisa mengerjakan di kampus ataupun di kost maka saya mengandalkan laptop legendaris yang telah sekian lama menemani. Jadi kurang lebih saya LDRan (Long Distance RemoteLogin) deh sama si server. Laptop juga biasanya dipakai untuk mencari dan baca jorunal ilmiah, buat catatan-catatan penting dan sebagainya. Jadi bisa dikatakan laptop saya ini sebagai senjata utama saya saat ini.

Susahnya nulis skripsi bagi orang teknis seperti saya ini ada pada bagian baca journal terutama untuk mencatat bagian-bagian penting dari journal. Masalah lain ada pada pengetikan skripsi itu sendiri, lebih susah lagi untuk memeriksa bahasa dan format tulisannya. Biasanya kedua hal ini dilakukan malam hari di kost sebelum tidur. Tepatnya beberapa menit sebelum ketiduran. Ini adalah masalah utama karena untuk untuk bisa memahami isi journal dibutuhkan suasana yang tenang dan nyaman yang biasanya ada di malam hari. Sayang sekali di malam hari mata ini akan cepat perih dan ngantuk kalo depan laptop. Sebenarnya ada saat dan tempat lain yang tepat tapi sayangnya tidak selalu nyaman bawa laptop kemana-mana terutama karena baterai laptop yang tidak tahan lama.

Ada pencerahan ketika kemarin saya menyaksikan Samsung Unpacked
2015 dan saya dapat banyak informasi tentang gadget keluaran terbaru dari samsung yaitu Samsung Galaxy Note 5. Banyak sekali fitur-fitur yang memukau dan bermanfaat untuk meningkatkan mobilitas dan efektifitas pekerjaan kita. Mungkin biar lebih jelas saya ceritakan saja di sini fitur-fitur Samsung Galaxy Note 5.

Desain Baru

Desain yang elegan tampak dari segala sisi. Dengan bahan metal yang kokoh dan kaca yang kuat melengkung di sisi samping membuat Samsung Galaxy Note 5 lebih nyaman digenggam. Inilah terobosan terbaru yang tidak ada duanya yang disematkan pada Samsung Galaxy Note 5 sehingga lebih ergonomik. Layar lebih lebar dengan ukuran 5.7 inc dan lebih berkulitas dengan menggunakan teknologi Super AMOLED berresolusi 2560 x 1440 (Quad HD) nyaman untuk membaca setiap e-buku, jurnal, ataupun sumber referensi lain untuk skripsi.

Samsung Pen
S Pen merupakan ciri yang khas dari setiap seri Samsung Galaxy Note. S Pen kini lebih ramping dengan ketebalan 7,6 mm lebih nyaman untuk menulis catatan-catatan penting pada e-book yang saya baca. Jadi yang kita lakukan hanya membuka e-book, membaca, coret-coret di halaman (anggap saja sedang memberikan catatan pada kerta) kemudian menyimpannya. Ini tentu saja membantu kita menjadi lebih efisien dalam menandai bagian penting dalam journal. Keunggulan S Pen yang lain adalah sensitifitasnya sehingga kita bisa menulis tanpa benar-benar menyentuh layar smarphone. Satu lagi yang keren adalah kita bisa menulis di layar yang sedang mati. Jika dituntut untuk menulis dengan cepat seperti saat bimbingan dengan dosen maka ini sangat membantu.

Smart Multi Tasking
Multi tasking merupakan salah satu hal yang paling penting yang dimiliki smartphone. Semakin banyak aplikasi yang bisa dijalankan oleh smartphone dalam satu waktu maka semakin bermanfaat smartphone kita dalam menunjang aktifitas kita. Kapasitas RAM yang mencapai 4 GB memungkinkan kita untuk membuka banyak sekali apps dan berpindah-pindah apps dengan lancar.

Refined Camera
Kamera sudah menjadi fitur yang wajib ada pada setiap smartphone. Namun untuk smartphone yang satu ini memiliki kamera yang luar biasa. Dengan reolusi 16 MP di bagian belakang dan 5 MP di bagian depan maka akan didapatkan hasil foto yang sangat detail. Ini sangat membantu kita dalam membuat dokumentasi penelitian. Mengambil video menjadi lebih detail dengan resolusi UHD 4K (3840 x 2160) @30fps serta dilengkapi dengan VDIS+OIS yang dapat menstabilkan gerak pengambilan video sehingga didaptkan hasil video yang lebih halus.

Battery
Samsung Galaxy Note 5 memiliki baterai dengan daya yang lebih kecil yaitu 3000mAh  jika dibandingkan dengan pendahulunya yang memiliki daya 3220mAh. Namun anda tidak perlu hawatir karena teknologi terbaru yang dikeluarkan oleh samsung mampu menghemat penggunaan baterai sehingga baterai mampu bertahan hingga 9 jam 11 menit. Selain itu yang menarik lagi adalah dengan pengisian daya baterai yang menggunakan teknologi Fast Wireless Charging  yang mampu mengsi daya secara wireless lebih cepat. Hanya dibutuhkan waktu 2 jam untuk mengisi baterai hingga penuh.

Video Live Broadcast
Berbagi cerita tentang aktifitas ataupun sesuatu yang terjadi di hadapan kita bisa lebih mudah dengan live broadcat. Dosen pembimbing sering berada di luar kota dan kita ingin menunjukan progres penelitian skripsi? Atau ingin berbagi ceita dengan teman-teman tentang penelitian aka ngoprek yang sedang dikerjakan? Sebarkan setiap saatnya dengan video live broadcast.

Sidesync PC-Phone Connection
Ini salah satu fitur yang sangat menarik. terkadang saat kita sedang fokus dengan pekerjaan menggunakan PC atau laptop kita mengabaikan smartphone sehingga kita tidak menyadari ada hal-hal penting yang harus segera ditanggapi pada smartphone kita. Hal itu tidak akan pernah terjadi lagi karena kita bisa mengkoneksikan antara PC dengan smartphone kita sehingga pengoperasian smartphone juga bisa melalui laptop. Jika ada pesan yang masuk kita akan langsung mengetahuinya. Selain itu kita juga bisa dengan mudah mentransfer data dari PC ke smartphone atau sebaliknya, sehingga cocok untuk menyalin literatur dan data-data penelitian yang akan kita baca melalui smartphone sembari duduk santai di taman.

Dengan fitur-fitur yang sudah saya ceritakan itu kita bisa memanfaatkan waktu lebih efektif. Mobilitas kita semakin meningkat karena hanya dalam satu genggaman kita bisa mengerjakan sebagian besar pekerjaan kita kapanpun dan di manapun. Bagi saya yang plaing penting adalah saya bisa kemanapun mencari tempat yang nyaman untuk mereview literatur yang saya butuhkan untuk skripsi.

Sebenarnya masih banyak spesifikasi keren dari Samsung Galaxy Note 5 yang belum dapat saya bahas secara rinci di artikel ini. Untuk lebih detailnya silahkan kunjungi http://galaxylaunchpack.com/.

You Might Also Like

0 comments