Memulai Belajar MySQL

June 15, 2023

 MySQL

MySQL merupakan aplikasi Relational Database Management System. Yaitu aplikasi yang digunakan untuk mengelola basis data. Pada RDBMS, kita dapat membuat basis data untuk diakses oleh berbagai aplikasi yang berjalan dari berbagai macam platform berbeda. Sesuai namanya relational database, di dalam MySQL kita dapat membuat banyak tabel-tabel yang saling berhubungan satu sama lain.

MySQL merupakan salah satu DBMS yang paling banyak digunakan karena free. Sedangkan aplikasi-aplikasi lain seperti MS SQL Server, Oracle, dsb merupakan aplikasi yang berbayar dan memiliki performa yang lebih baik. Di dunia pendidikan, MySQL lebih banyak diguanakan dengan alasan kemudahan untuk memperoleh aplikasinya.

Untuk menginstall aplikasi MySQL kita dapat menginstall paket software XAMPP mengikuti panduan dari video yang sudah saya buatkan di bawah ini. XAMPP merupakan paket sofware untuk development website yang menyediakan web server dan database server.


Menjalankan MySQL

Untuk memulai MySQL kita buka XAMPP Control Panel yang dapat kita temukan di "Start Menu". Stelah jendela XAMPP muncul, kita jalankan MySQL dengan mengklik tombol "Start".

XAMPP Control Panel - Klik Start
XAMPP Control Panel - Klik Start
Untuk memastikan bahwa MySQL berjalan dengan baik, Kita dapat lihat beberapa indikator yaitu Muncul nomor PID yang biasanya acak, kemudian muncul nomor port defaultnya adalh 3306. Selain itu pada log bagian bawah kita dapat melihat status [mysql] Status chagne detected: running seperti pada gambar di bawah ini.

Status MySQL running
Status MySQL running

Masuk Ke MySQL

Untuk masuk ke dalam MySQL kita dapat membuka Console/Shell melalui XAMPP contol panel dengan klik tombol yang ada di bagian kanan seperti pada gambar berikut.
Membuka Shell
Membuka Console/Shell
Setelah shell terbuka, kita dapat mesuk ke mysql dengan perintah berikut :
# mysql -u root
Perintah tersebut akan membuat kita masuk ke mysql dengan user sebagai user root atau user super admin/super user. Secara default user root kita belum ada password, sehingga kita tidak perlu memasukkan password. Namun perlu kita ingat bahwa user root tanpa password tidaklah aman. Jika hanya untuk komputer pribadi mungkin tidak masalah. Namun jika untuk sebuah sistem yang digunakan sebagai production server maka harus ditetapkan password yang aman.
Setelah masuk ke dalam MySQL, maka tampilannya adalah seperti pada gambar berikut ini.
Tampilan Awal MySQL
Tampilan Awal MySQL
Pada tampilan awal MySQL kita dapat melihat bahwa MySQL dioperasikan dalam command line interpreter. MariaDB merupakan nama aplikasi MySQL, kemudian (none) artinya belum ada database yang kita operasikan. Setelah itu ada tanda > dan setelahnya merpakan area perintah untuk mengoperasikan MySQL.

Perintah Pertama MySQL

Kita dapat mencoba perintah pertama kita dengan menampilkan daftar tabel yang kita miliki dengan memasukkan perintah :
> SHOW DATABASES;
Maka untuk lebih jelasnya, kita dapat melihat contoh database yang ada pada komputer saya seperti gambar berikut.
Daftar basis data
Daftar Basis Data

Kesimpulan

Demikian proses menjalankan MySQL untuk pertama kalinya. Selanjutnya kita dapat belajar untuk membuat tabel, mengubah struktur tabel, dan menghapus tabel.


You Might Also Like

0 comments